Menginstal Driver Yang Tidak Support Di Windows 10
Windows 10

Menginstal Driver Yang Tidak Support Di Windows 10

Posted on

Masalah ini pasti anda temukan ketika anda akan menggunakan windows 10 ini, atau bahkan anda tidak mengalami masalah ini karena hardware kamu support dengan driver2 terbaru.
Masalah seperti ini muncul mungkin karena hardware nya udah kadaluarnya atau sudah tidak di perbaharui lagi oleh pabrikan untuk update driver – driver nya.
Nah, setelah googling sana sini akhir nya saya mendapatkan beberapa alternative solusi yang bisa saya coba untuk menyelesaikan masalah driver yang menjengkelkan ini.
Ada beberapa cara antara lain :
1. Jika driver yang anda gunakan berbentuk exe atau installer coba lah dengan menggunakan compatibility mode sesuai dengan sistem operasi yang cocok dengan driver tersebut.
2. Membackup terlebih dahulu driver yang tidak support itu lalu anda gunakan restore drivernya di windows 10 tapi ada trik nya.

Nah kedua cara di atas yang saya akan jelaskan.

A. Cara Install Driver Di Windows 10 Compatibility Mode
Cara ini jika anda mempunyai driver bawaan yang di kasih atau hasil anda download di situs resmi dari vendor laptop atau motherboard anda. Contoh driver nya seperti ini :

Contoh Driver Installer
Contoh Driver Installer

Di atas adalah contoh driver installer yang tidak support dengan windows 10 tapi support di window versi sebelum nya contoh nya window 8 7 atau pun xp.
Untuk langkah cara membuat compatibility mode pada driver yang tidak support itu caranya cukup mudah yaitu dengan cara.
1. Klik kanan pada setup.exe nya lalu klik properties.
2. Pilih tab menu compatibility dan tampilanya akan seperti ini.

Tampilan Compatibility Mode
Tampilan Compatibility Mode

3. Contoh di atas anda ceklis run this program in compatibility mode for, setelah itu anda pilih windows yang support dengan diver itu( contoh windows 7) lalu ceklis run this program as and administrator dan setelah itu lalu kli apply dan ok
4. Anda tinggal instalkan aja langsung sperti biasa next 1 agre ampe finish

B. Instal driver dengan cara backup dan restore driver
Lanjut dengan cara kedua yaitu dengan cara membackup driver yang anda butuhkan lalu merestore nya di windows 10.
Caranya adalah sebagai berikut.
1. Backup dulu driver nya terlebih dahulu dengan cara menggunakan software backup driver seperti driver max, dan software sejenis nya. untuk contoh kasus sekarang saya akan menggunakan driver max, untuk anda yang blm mempunyai software driver nya
2. Setelah mendownload nya anda instal software dengan cara klik 2 kali software nya terus klik NEXT setelah itu klik DECLINE untuk menolak aplikasi apa gitu yg di insal kan lagi.
3. Kalau udah beres langsung anda klik menu backup sebelah kanan dan klik pada create driver backup archive, setelah itu baru klik next.

Driver Max Backup
Driver Max Backup

4. Setelah itu pilih aja driver mana yang anda ingin backup, dan klik ceklis pada driver nya contoh saya ingin backup driver lan. setelah itu klik tombol backup

Backup Driver Lan
Backup Driver Lan

5. Setelah itu tunggu aja dulu sampe driver nya beres di backup. dan setelah beres buka tuh driver yang telah di backup, klik pada open backup driver di bawah kanan software yang kecil itu.
6. File dalam bentuk zip atau rar tersebut adalah hasil dari backup driver yang telah kita buat dan yang nantinya akan di pake untuk driver windows 10 setelah anda instal ulang pc atau laptop anda.

Baca juga  9 Shortcut Keyboard yang Wajib Anda Ketahui

Sekarang bagaimana cara merestore driver yang tidak support itu yang di peruntukan windows versi yang lama tapi masih bisa di pake pada windows 10. Driver os lama gak bisa di pake di windows versi berbeda karena driver signature atau bahasa awam nya belum di uji kelayakanya jadi tidak bisa langsung di instal sembarangan.

Karena itu saya akan menjelaskan bagaimana cara mematikan sementara verifikasi driver signature enforcement pada windows 10. agar kita bisa menginstal driver windows versi terdahulunya.

Tahap mematikan driver signature enforcement :
1. Anda harus merestart komputer anda terlebih dahulu tapi dengan cara yang berbeda, yaitu dengan cara anda menekan dahulu tombol SHIFT dan klik pada tombol restart.

2. Setelah itu nanti muncul layar pilihan sebelum komputer merestart. dan anda pilih troubleshot > advanced options > start up setting > restart.

3. Setelah ini komputer ane akan merestart, setelah itu anda akan masuk ke tampilan recovery seperti ini.

Startup Setting
Startup Settings

4. Setelah muncul tampilan seperti di atas anda pilih nomor 7 (disable driver signature enforcement).

5. setelah itu anda bakal masuk ke windows dan anda siap menginstal driver hasil backup tadi yang udah anda lakukan.

6. Klik kanan bendara start windows lalu klik control panel > hardware and sound > device manager.

7.  Pilih device mana yang akan anda restore atau install driver nya. dan pilih tanda panah untuk memunculkan real device nya dan klik kanan pada merk atau nama device nya setelah itu klik update driver software > browse my computer for driver software > pilih let me pick… >  have disk > browse. dan cari dimana letak driver yang tadi anda bakcup di simpan. dan extrack dulu jangan lupa agar file nya terdeteksi cari yang berektensi .inf pada driver nya. Setelah ketemu klik open lalu ok dan klik next

1

8. Setelah itu jika muncul yang ini klik aja instal driver anyway.

install driver

 

9. Tunggu driver sampai terinstal dan tulisanya sukses. Setelah sukses langsung aja coba device anda,  akan tetapi ketika komputer di restart problem nya kembali lagi device nya tidak jalan lagi, terus bagaimana donk kalo masalah nya macam gitu, yaitu gampang anda cukup disable lagi aja tuh driver signature enforcement nya lagi dengan cara di atas, dan saya pastikan device nya akan berjalan sempurna lagi 🙂

Oke sekian dulu, mudah2an bermanfaat dan menjadi solusi untuk permasalahan driver yang anda alami.