Solusi Printer tidak Terdeteksi di Excel dan PDF

65 views
Solusi printer tak bisa ngeprint karena tidak terdeteksi di Excel. Sudah banyak orang yang mengalami masalah yang sama. Di mana printer sudah disetting mengikuti langkah-langkah yang benar. Saat printer digunakan untuk test print file Doc dari Microsoft Word tidak ada masalah, tetapi ketika printer tersebut digunakan untuk print file Excel ternyata tak bisa!
Kemudian Anda check di device & printers, dan di situ Anda dapat melihat bahwa printernya sudah terinstall dan sudah ready. Tentu hal ini sangat membingungkan. Tetapi Anda tidak perlu melakukan install ulang printer. Karena ada solusi untuk mengatasi hal ini dengan mudah.

Langkah-langkah menyelesaikan masalah printer yang tidak terdeteksi di Excel

  1. Masuk ke registry, kemudian ketikkan “regedit”, hilangkan tanda kutipnya. Pada start > run, atau boleh juga start > search program and file
  2. Lalu Anda click di HKEY_CURRENT_USER –> Software –> Microsoft –> WindowsNT –> CurrentVersion –> Windows
  3. Lalu lihat panel di sebelah kanan, lihat tulisan “Device”, yang apabila Anda double click maka muncul printer, di mana sebelumnya diset “Default”
  4. Anda delete “Device” yang sudah disebutkan sebelumnya, kemudian log off komputer kemudian log in lagi, boleh juga komputer Anda restart. Apabila masih belum dapat didelete disebabkan oleh tak adanya hak akses, maka Anda setting terlebih dahulu “Permission” jadi full akses, caranya click menu “Edit” kemudian pilih “Permission”, dan centang “Full control”
  5. Setelah Anda masuk ke Windows lagi, Anda set ulang printer yang memang Anda inginkan ke default

 

Sebagai catatan. Cara di atas juga dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah printer yang tak dapat disetting jadi default printer, ketika setting terdapat pesan error "Error 0x00000709: “Can’t Set Default Printer”
Solusi di atas juga berlaku bagi Anda yang tidak bisa ngeprint di PDF. Di mana nama printer tak mau muncul dalam daftar. Walaupun seperti disebutkan sebelumnya jika nama printer jika dilihat di program MS. Word ternyata muncul dan proses ngeprint dapat dilakukan tanpa hambatan apapun. Jadi saat hendak print di PDF, yang muncul Cuma opsi “Fax, sent to one note, with Microsoft XPS Document Writer”
Lain-lain
Berdasarkan masalah yang sering terjadi pada printer, memang yang paling umum itu penyebab masalahnya bukan di printer tetapi di komputer yang Anda gunakan. Karena itu di sini ada hal yang harus mendapatkan perhatian Anda. Anda harus melakukan pengecekan fisik. Anda pastikan dahulu jika kabel USB printer telah terpasang dengan betul ke printer yang Anda gunakan, selain itu juga Anda harus memastikan juga untuk port USB laptop atau komputer.
Printer driver juga harus sudah terinstall dengan sempurna. Sebab terkadang yang menjadi sumber masalah pada printer yang sulit untuk terdeteksi itu karena driver yang diinstall. Ada baiknya Anda reinstall dulu driver printer yang dipakai oleh Anda, dengan tujuan supaya semua data yang corrupt dikembalikan terlebih dahulu. Sesudah driver printer diinstall ulang, tetapi printer masih tetap tak dapat terdeteksi, maka dapat diambil kesimpulan jika masalah bersumber bukan dari driver printer tersebut. Anda harus mengutak-atik Windows sedikit untuk menemukan dan menyelesaikan masalah ini.
Berikut cara yang dapat Anda coba
Click start > Run > ketikkanlah service.msc
Anda lihat lalu cari Print spooler, click kanan > Properties
Di bagian startup type, Anda pilih automatic, lalu click start
Biasanya dengan melakukan hal di atas, maka printer Anda sudah dapat terdeteksi. Selamat mencoba!
Baca juga  Cara Melakukan Head Cleaning Printer Dengan Baik Dan Benar