Cara menstabilkan koneksi WiFi untuk Akses internet lebih cepat

Cara untuk menstabilkan koneksi WiFi. Ya, jaman sekarang memang internet menjadi sebuah kebutuhan. Apalagi dengan adanya sumber informasi tak terbatas yang bisa Anda peroleh dari search engine. Salah satu cara untuk koneksi ke internet adalah dengan menggunakan WiFi. Tentunya sumber WiFi juga harus sudah terlebih dahulu connect ke internet. Nah, tetapi di sini yang sering menjadi masalah adalah koneksi WiFi yang tidak stabil. Tentu hal ini dapat membuat Anda jengkel. Jika koneksi sering putus-putus, otomatis koneksi internet Anda pun juga akan sering putus-putus, dan ini adalah suatu hal yang tidak nyaman. Sesungguhnya terdapat beberapa cara untuk bisa menstabilkan sinyal WiFi yang Anda dapatkan.


Cara jitu untuk menjadikan koneksi WiFi lebih stabil
Salah satu dari banyak cara untuk membuat koneksi WiFi menjadi lebih stabil adalah dengan #Ping DNS Server terus menerus. Dengan menggunakan cara ini maka koneksi WiFi yang Anda dapatkan pun akan lebih stabil, selain itu juga akan lebih cepat, alasannya karena bandwitch pada jaringan WiFi tersebut sebagian besarnya digunakan komputer Anda. Tetapi memang nanti komputer lain yang berada dalam jaringan WiFi yang sama akan menjadi lebih lemot koneksinya. Tetapi tidak ada salahnya untuk Anda coba, sebagai pembelajaran.

Langkah-langkah
  1. Langkah pertama Anda cari terlebih dahulu DNS server yang dipakai dalam jaringan WiFi Anda, caranya Anda buka CMD kemudian ketikkan ipconfig /all lalu temukan default gatewaynya
  2. Sesudah Anda berhasil menemukan default gateway menggunakan command tersebut. Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah dengan mengetikkan command lain dalam kotak CMD yang sama. Ketikkan ping ip_default_gateway –t –l 0

Jika Anda melihat pada artikel di website tutorial yang lain, disebutkan bahwa Anda harus mengambil ip dari dns server. Tetapi terkadang pada dns server ada 3 ip berbeda. Jadi dibandingkan Anda bingung, lebih baik mengambil ip default gateway saja, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Cara ini sudah dicoba dan sukses dijalankan.

Command tambahan lainnya
Selain itu juga ada command lainnya, yang bisa Anda gunakan di CMD untuk menstabilkan koneksi WiFi di jaringan. Yakni dengan menggunakan ping –l 500 ip_default_gateway –t

Di mana angka 500 ini berfungsi mengirimkan data dengan jumlah 500 byte. Arti –t yakni agar ping terkoneksi terus, dengan kata lain tak terputus-putus.

Ingat! Cara menggunakan command di CMD di atas itu jika sudah dijalankan Anda biarkan saja. Maksudnya kotak CMD tersebut jangan Anda tutup. Sebab jika Anda tutup maka signal WiFi akan kembali seperti semula, bisa menjadi tidak stabil lagi. Untuk Anda yang takut apakah di komputer Anda ada menu CMD atau tidak, jangan khawatir, di setiap OS Windows pasti disediakan CMD. Anda cukup ketikkan “CMD” di run, di Windows Explorer.

Cara tradisional
Memang terkadang cara di atas tetap tidak bisa jika Anda terlalu jauh dari sumber WiFi, bahkan jika ada penghalang seperti beton, maka terkadang signal WiFi naik turun, karena tidak bisa diterima dengan penuh.

Sebenarnya di toko komputer sekarang ada alat untuk penguat signal WiFi. Walaupun memang alat tersebut harganya agak mahal. Jika Anda ingin solusi yang lebih murah, maka Anda bisa membeli antena tambahan untuk dipasangkan ke router. Jadi signal WiFi yang dipancarkan pun akan lebih kuat.
Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara menstabilkan koneksi WiFi untuk Akses internet lebih cepat

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung, berikan opini Anda tentang artikel yang barusan Anda baca ini.