Cara mengatasi Laptop lemot saat internetan

Cara mudah mengatasi masalah laptop lemot saat internetan. Jangan salah, di sini yang lemot adalah laptopnya, jadi bukan koneksi internetnya. Jangan samakan kedua hal ini. Memang kedua-duanya sangat menjengkelkan, tetapi faktor pencetusnya itu berbeda. Memang jika Anda masih baru membeli laptop, dengan spesifikasi yang mutakhir, maka mustahil laptop Anda lemot, apalagi jika Cuma digunakan untuk internetan. Tetapi akan lain ceritanya apabila laptop yang Anda gunakan itu adalah laptop yang sudah cukup lama, sudah versi “Lawas”, dengan spesifikasi yang pas-pasan. Bahkan Anda juga sudah menginstall banyak program di dalamnya. Belum lagi kebiasaan Anda suka download dari internet, di mana kemungkinan ada virus yang ikut masuk dan menyerang laptop Anda.


Laptop jadi lemot ketika digunakan untuk browsing internetan

Jika laptop lemot disebabkan oleh adware, virus, malware, dan sejenisnya

Maka yang harus Anda lakukan adalah menggunakan program antivirus. Sekarang banyak program antivirus gratis yang bagus. Jika Anda memiliki uang lebih, maka Anda bisa membeli lisensi premiumnya, untuk mendapatkan perlindungan lebih.

Seperti yang diketahui jika laptop sudah terinfeksi oleh adware, virus, dan malware, maka laptop dapat menjadi lambat, karena sumber daya laptop terkuras. Setelah Anda menginstall program antivirus, Anda juga jangan lupa untuk rajin update program antivirus tersebut dengan berkala. Biasanya update berjalan dengan otomatis. Jika memang update tidak otomatis, maka Anda bisa check setting atau pengaturan di program antivirus tersebut. Dengan update ke versi yang terbaru, maka program antivirus Anda akan bisa mengatasi virus laptop yang terbaru, dan membasminya.

Sekarang ini penggunaan program antivirus sudah enak. Karena proteksi sudah real time. Contohnya saja saat selesai download file, kemudian Anda hendak membuka file tersebut. Apabila terdeteksi ada virus, maka program antivirus pun akan langsung mengkarantina file yang diduga virus tersebut. Dengan laptop Anda terbebas dari infeksi virus dan sejenisnya, maka kinerja laptop pun akan prima, kecepatannya tidak akan menurun.

Jika laptop lemot disebabkan oleh proses di laptop yang berlebihan

Sekarang ini memang banyak program yang menarik. Bahkan Anda sudah terbiasa untuk menjalankan hingga beberapa program sekaligus dalam waktu yang sama, istilah kerennya adalah multitasking. Memang jika laptop Anda adalah laptop dengan spesifikasi processor, RAM, terkini, itu tidak menjadi masalah. Tetapi jika laptop Anda adalah laptop jenis lama. Mungkin melakukan multitasking akan memberatkan, dan membuat laptop jadi lemot saat Anda internetan.

Solusi untuk masalah ini adalah dengan menutup program yang tak digunakan lagi oleh Anda saat itu. Caranya mudah, yakni dengan menggunakan menu task manager. Tekan bersamaan Ctrl + Alt + Del > Pilih menu task manager > Pilih program yang hendak Anda tutup > End Task. Itu jika programnya sudah hang dan tidak bisa ditutup manual lagi. Tetapi jika masih bisa ditutup secara manual, maka lakukan seperti biasanya. Tidak perlu menggunakan task manager.

Jika laptop lemot disebabkan oleh harddisk yang sama sekali belum di-defrag sebelumnya

Dengan melakukan defragment maka file rusak yang terkumpul dalam hardisk laptop dapat tersusun dengan rapi. Karena itu defragment ini merupakan sesuatu yang penting untuk dilakukan. Cara melakukan defragment cukup mudah, Anda buka menu Windows Explorer, click kanan drive yang mau Anda defrag, contohnya klik kanan di drive C. Selanjutnya Anda pilih properties – Tools – Defragment now – Click Defragment disk.

Semoga sekarang laptop Anda tidak lemot lagi, saat Anda gunakan untuk internetan atau aktivitas yang lainnya.
Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara mengatasi Laptop lemot saat internetan

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung, berikan opini Anda tentang artikel yang barusan Anda baca ini.