Cara memperbaiki WiFi laptop yang tidak Terdeteksi

Sudah susah-susah beli laptop karena ingin memanfaatkan akses WiFi yang ada di tempat publik. Eh, tetapi saat Anda hendak connect ke WiFi, ternyata WiFi nya tidak terdeteksi. Tentu ini akan membuat Anda pusing tujuh keliling. Padahal Anda sudah susah-susah menabung dan menghemat biaya makan hingga berbulan-bulan untuk membeli laptop tersebut. Apakah memang laptop Anda yang bermasalah, ataukah ada masalah dengan OS, atau hanya masalah teknis biasa?

Cara memperbaiki WiFi laptop yang tidak Terdeteksi
Tenang, jangan buru-buru menjual laptop Anda terlebih dahulu. Masalah seperti ini bukan karena laptop Anda, tetapi hanya memerlukan sedikit trik untuk mengatasinya. Tidak perlu mengganti dengan laptop yang baru ya!

Baik, sekarang mari langsung saja ya ke pembahasannya …

Check apakah WiFi Anda di laptop sudah ON atau belum?
Caranya mudah. Untuk menghidupkan WiFi di laptop sesungguhnya terdapat beberapa cara, tetapi ini merupakan cara yang sudah umum digunakan. Beberapa laptop menggunakan kombinasi tombol Fn + F11, memakai saklar yang dapat Anda temukan pada sisi samping dari body laptop Anda. Juga bisa menggunakan Windows mobility Center, control panel > Ganti large icon > Pilihlah Windows mobility Center > Pilih opsi Turn wireless ON

Setelah Anda melakukan hal di atas untuk mengetesnya mudah kok. Anda cukup membuka browser dan cobalah browsing seperti biasa. Anda coba buka situs apapun, apakah sudah bisa atau belum. Jika sudah terkoneksi berarti sudah benar. Jika masih belum juga connect ke internet WiFi, maka coba check driver Wireless nya, bukan sumber masalah pada driver Wireless yang Anda install.

Check Driver WiFi
Oh iya, Anda juga jangan sampai lupa check driver WiFi laptop Anda, apakah sudah terinstall dengan versi yang terbaru atau belum, dan apakah sudah terinstall dengan baik atau tidak. Contohnya Anda harus menginstall driver WiFi yang memang sesuai dengan seri laptop yang Anda gunakan, pastikan tak muncul (!) atau tanda seru lagi di device manager.

Bagaimanakah cara mengechecknya?
Mudah sekali kok. Ikuti langkah berikut ini: Start > Control panel > Device manager > Network adapter. Nah, coba periksa apakah pada bagian network adapter telah sukses terinstall driver Wireless, check juga apakah ada tanda (!) atau tidak.

Apabila sudah maka skip ke metode selanjutnya. Tetapi apabila masih belum ditemukan drivernya, ataupun drivernya sudah ditemukan tetapi masih muncul (!) maka itu tanda jika ada yang tidak beres dengan driver yang Anda gunakan. Solusinya adalah install ulang, gunakan driver laptop yang tepat hingga tanda seru tersebut tidak muncul kembali.

Troubleshooting
Untuk cadangan cara yang lain, yang juga dapat Anda coba. Anda dapat memakai fasilitas yang memang sudah diberikan oleh pihak Windows sendiri untuk mengatasi masalah-masalah sejenis ini. Fasilitas tersebut tidak lain adalah troubleshooting. Untuk memanfaatkan fasilitas ini, Anda perlu ke menu Control panel. Ubah jadi category > Network internet > Network & Sharing center > Troubleshoot problems. (Biasanya yang paling bawah sendiri)

Selanjutnya setelah Anda berhasil menemukan itu. Anda pilihlah network adapter > Next, click next terus hingga selesai, dan Windows akan menemukan solusinya, selanjutnya WiFi dapat menjadi normal kembali seperti sedia kala.

Tambahan informasi

Penting! Saat Anda install WiFi, Anda jangan content di delete the driver software for this device, supaya saat Anda refresh nanti komputer tetap dapat menginstall dengan otomatis.

Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara memperbaiki WiFi laptop yang tidak Terdeteksi

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung, berikan opini Anda tentang artikel yang barusan Anda baca ini.