Aplikasi pembuat game Android buat yang ingin Belajar buat Game Sendiri

Aplikasi keren pembuat game untuk Android. Tidak semua orang mengerti bahasa pemrograman, tetapi banyak yang ingin mencoba membuat game, karena memiliki ide-ide kreatif yang luar biasa, yang jika memang berhasil diwujudkan menjadi sebuah game, maka akan menjadi game yang sangat menarik. Tetapi sekarang Anda tidak perlu lagi menyimpan impian tersebut, karena sudah ada developer yang membuat aplikasi untuk membuat game, bahkan bagi orang yang tidak mengerti bahasa pemrograman sama sekali. Tentunya ini merupakan aplikasi yang sangat menarik, bahkan aplikasi yang menawarkan hal serupa tidak hanya ada satu saja, melainkan ada hingga beberapa aplikasi, sehingga Anda dapat memilih yang mana yang paling nyaman untuk Anda gunakan.

Aplikasi pembuat game Android

Baik! Langsung saja ke list aplikasi untuk pembuat game Android, silahkan dibaca…

1. Construct 2

Ini adalah sebuah game engine favorit, di mana Anda cukup menggunakan teknik drag and drop, jadi bagi Anda yang tak mempunyai pengalaman coding sebelumnya tidak akan mengalami kesulitan untuk menggunakan Construct 2. Basis yang digunakan pada game engine Construct 2 ini yakni HTML 5. Game engine ini sangat mudah untuk dipelajari, walaupun Anda adalah seorang pemula. Karena itu bagi Anda yang memang penasaran dan hendak belajar bagaimana cara membuat game sendiri, mendevelop game impian pertama Anda, maka Construct 2 merupakan salah satu pilihan jitu untuk Anda coba!

Pada Construct 2 Anda akan menemukan 3 macam lisensi. Tentunya setiap lisensi memberikan hak yang berbeda untuk Anda. Apa saja lisensi yang ditawarkan oleh Construct 2? Antara lain:
  • Free edition
  • Personal license
  • Business license
Untuk yang baru belajar memang kami menyarankan Anda menggunakan Construct 2 yang free edition saja dulu. Sebab walaupun masih free edition, tetapi dapat dibilang bahwa fitur-fitur yang bisa Anda gunakan sudah cukup banyak dan lengkap. Tetapi apabila Anda sudah menguasai yang free edition, dan ingin lanjut ke tingkat yang lebih advanced, maka Anda bisa upgrade ke personal license. Banderol harga untuk personal license adalah Rp 1.559.900,00. Pada personal license, Anda juga bisa merelease game untuk macam-macam perangkat, antara lain Wii U, Android, Windows Phone 8, Windows 8, Web (HTML 5), Windows Desktop, Tizen, Blackberry 10, Firefox marketplace, Facebook, Mac Desktop, Amazon Appstore, Linux Desktop, hingga iOS sekalipun.

2. Cocos2d-x

Apabila memang Anda merasa sudah memiliki pengalaman dalam pemrograman, entah itu Lua, C++, dan Javascript. Maka Cocos2d-x adalah pilihan game engine yang tepat untuk Anda coba. Tentunya game yang dibuat menggunakan Cocos2d-x ini tak bisa dibilang sebagai game sembarangan. Beberapa game yang pernah diterbitkan, dan sebelumnya dibuat menggunakan Cocos2d-x adalah Zenonia 5: Wheel of Destiny, dan Contra: Evolution. Di komunitas gamer Android, kedua game tersebut memang merupakan game yang sangat menarik untuk dimainkan dan menjadi game pilihan.

Cocos2d-x juga termasuk ke dalam produk jenis open source, dengan begitu developer dapat memakai semua fitur yang ada dalam cocos2d-x dengan gratis dan sampai kapanpun. Bahkan game yang dibuat menggunakan Cocos2d-x ini juga bisa direlease ke Windows Phone, Android, iOS, Windows, HTML 5, Web, dan Blackberry.

3. Berikut daftar game engine berbasis HTML 5, yang rata-rata dapat direlease ke Android. Antara lain Panda.js, LimeJS, Quintus, melonJS, pixi.js, EaselJS, dan Phaser.

Akhir kata, selamat mencoba dan semoga sukses membuat game Android pertama Anda!

Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Aplikasi pembuat game Android buat yang ingin Belajar buat Game Sendiri

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung, berikan opini Anda tentang artikel yang barusan Anda baca ini.