Cara Membersihkan Smartphone Android Dan Mencegah Agar Tidak Lemot

Sebagaimana kita ketahui, dewasa ini android menjadi salah satu vendor smartphone favorite yang menjadi pilihan berbagai kalangan. Android yang menawarkan smartphone canggih dengan fitur yang lengkap tentu akan membuat komunikasi anda menjadi lebih berwarna. Akan tetapi, seringkali android menjadi lemot ketika di gunakan terus menerus. Nah, pada kesempatan ini, kita akan membahas tentang cara membersihkan smartphone android serta mencegahnya agar tidak lemot. Apa saja ide yang bisa kita lakukan? Simak penjelasan beberapa cara mudah untuk membersihkan smartphone android berikut ini.

Cara Membersihkan Smartphone Android

Memeriksa memory yang tersedia
Salah satu cara yang paling efektif untuk mempertahankan performa android agar tidak lemot adalah dengan cara memeriksa memory yang tersedia, terutama memory internal. Pada ahli mengatakan bahwa minimal, anda menyisihkan sekitar 20 persen memori anda. Misalnya saja, ketika anda memiliki memory ponsel 8 GB, maka anda harus menyisihkan 1 GB untuk menunjang kinerja dari android tersebut. Di sini, jika anda memiliki beberapa aplikasi yang tidak terpakai, maka lebih baik anda menghapusnya saja. Selain itu, anda juga perlu menghapus file cache secara rutin untuk menambah memory yang tersedia,

Mengurangi penggunaan widget
Di sisi lain, salah satu cara membersihkan smartphone android dan mencegahnya dari penurunan performa adalah dengan mengurangi penggunaan widget. Widget atau seringkali di sebut jalan pintas memang merupakan aksesori bawaan yang menguntungkan karena anda akan lebih praktis untuk membuka aplikasi. Akan tetapi, terlalu banyak menggunakan widget juga akan berpengaruh buruk pada perfroma android anda. RAM dari android anda akan lebih banyak terkuras untuk me-launch widget tersebut. Selain itu, homescreen anda pun akan terlihat sangat penuh.

Mengurangi penggunaan launcher
Salah satu aplikasi yang di install pengguna android adalah launcher. Launcher ini merupakan salah satu aplikasi kustomisasi yang cenderung efektif untuk meningkatkan tampilan android anda menjadi lebih menarik. Akan tetapi, launcher ternyata merupakan salah satu hal yang mengurangi kinerja android. Ya, seringkali, launcher menyebabkan android anda menjadi lemot. Oleh karena itu, salah satu cara mencegah smartphone android lemot adalah dengan mengurangi penggunaan launcher. Anda lebih baik menggunakan aplikasi launcher bawaan dari smartphone anda, walaupun tampilan yang di berikan lebih sederhana.

Mengatur kapasitas RAM
Sebagaimana telah di sebutkan di awal, RAM merupakan salah satu elemen penting dalam smartphone yang akan menjaga kestabilan performa. Di sini, penting untuk mengatur RAM agar smartphone tidak lemot. Salah satu cara yang lazim di gunakan adalah dengan menghapus aplikasi yang tidak digunakan. Selain itu, ada beberapa aplikasi pembersih RAM yang bisa di gunakan. Nah, beberapa cara membersihkan smartphone android dapat kalian coba di smartphone kalian masing-masing!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Membersihkan Smartphone Android Dan Mencegah Agar Tidak Lemot

2 komentar:

  1. Makasih kang, informasinya sangat bermanfaat buat saya. Tapi kang saya sering membeli smartphone yang kualitas jelek. adakah cara untuk memilih smartphone yang berkualitas? Kalau gak ada gak papa... hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mkasih tlah brkunjung
      kalaunya cara memilih smartphone yang berkualitas ada gan, tunggu az ya akan ane bahas pd artikel berikutx, hehe...

      Delete

Terima kasih telah berkunjung, berikan opini Anda tentang artikel yang barusan Anda baca ini.