Macam-Macam Cara Agar Android Tidak Lemot Saat Digunakan

Informasi terkait cara agar android tidak lemot saat digunakan tentu banyak dicari oleh masyarakat pada umumnya. Hal ini dikarenakan perkembangan teknologi sudah tidak dapat terelakkan lagi. Termasuk dalam dunia telekomunikasi, perubahan yang signifikan telah terjadi. Teknologi gadget semakin berkembang, terbukti dengan munculnya berbagai merek smartphone yang menawarkan fitur-fitur menarik yang menjadi andalannya. Tak jarang konsumen dibuat bingung untuk memilih jenis smartphone yang ada saat ini. Pada saat awal pembelian, mungkin Anda akan kagum dengan kecepatan kinerja smartphone Anda, namun seiring berjalannya waktu, tak jarang smartphone android menjadi lemot.

Macam-Macam Cara Agar Android Tidak Lemot Saat Digunakan

Kenali Dulu Sebabnya, Lalu Temukan Cara Agar Android Tidak Lemot

Apabila Anda mengalami permasalahan terkait melemahnya performa kinerja smartphone Android, maka Anda perlu mengenali penyebabnya terlebih dahulu. Kinerja smartphone biasanya dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya memori internal yang terlalu penuh, banyaknya widget yang terpasang di layar home, aplikasi yang dijalankan secara bersamaan, penggunaan live wallpaper, dan masih banyak lagi. Dengan mengenali penyebab lemotnya kinerja android, maka dapat dicari solusi yang tepat untuk segera menanganinya.

Memori internal yang terlalu penuh akibat banyaknya aplikasi yang terpasang akan menyebabkan ruang gerak smartphone dalam menjalankan suatu proses menjadi terhambat. Cara agar android tidak lemot akibat memori internal yang penuh adalah dengan mengecek sisa ruang penyimpanan. Bebaskan ruang penyimpanan dengan menghapus beberapa aplikasi yang tidak diperlukan. Selain itu penggunaan aplikasi juga akan meninggalkan cache atau yang biasa disebut history pada browser. Adanya tumpukan cache juga dapat menyebabkan sistem mengalami lag. Oleh karena itu, cache ini perlu dibersihkan dengan aplikasi tertentu yang dapat diperoleh lewat Google Play Store.

Sebagian besar orang pada umumnya memasang widget pada layar ponsel mereka untuk mempercantik tampilan ponsel. Tak jarang digunakan juga live wallpaper agar terkesan unik dan lucu. Namun tanpa mereka sadari, pemasang widget yang berlebihan dan penggunaan live wallpaper dapat memperlambat kinerja smartphone dan mempercepat habisnya daya baterai. Hal ini terjadi karena pada saat data diaktifkan, maka widget yang terpasang akan berjalan bersamaan. Misalnya pemasangan widget cuaca ataupun facebook di layar home. Maka widget cuaca akan memperbarui kondisi cuaca dan widget facebook akan memberikan update status terbaru. Oleh karena itu, pasanglah widget yang benar-benar Anda perlukan saja.

Cara lain agar smartphone android tidak lelet adalah dengan update firmware. Update firmware dilakukan dengan memperbarui versi os yang ada pada smartphone sehingga kinerja ponsel dapat meningkat. Aplikasi yang dijalankan secara bersamaan juga akan memperlambat performa smartphone Anda. Oleh karena itu, setelah aplikasi selesai digunakan maka Anda sebaiknya menutupnya. Hal ini akan meringankan beban kerja processor, sehingga smartphone Android Anda tidak lemot lagi. Demikianlah cara agar android tidak lemot yang dapat dijadikan solusi untuk permasalahan Anda

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Macam-Macam Cara Agar Android Tidak Lemot Saat Digunakan

1 komentar:

  1. Terima kasih ats infomasinya, sangat berguna jka hp sedang kemot

    http://www.ketikanku.com/

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung, berikan opini Anda tentang artikel yang barusan Anda baca ini.