Tips Mengatasi Force Close Android

Sebagian pengguna Android sering mengalami kejadian force close saat membuka aplikasi atau saat ketika membuka game. Force close sendiri ibarat di komputer saat buka aplikasi ada notifikasi Not Responding.
Hal ini disebabkan karena file aplikasi mengalami crash/cacat. Bisa karena terkena virus atau saat instalasi aplikasi mengalami kerusakan. Faktor lainnya, karena sistem operasi sudah crash.
Sama yang terjadi di Android saat mengalami force close, sistem operasi Android tidak bisa me-launch  data di sistem.
Sebenarnya berbagai Chipset dan juga peranti Android telah menjadikan developer pembuat aplikasi Android membangun aplikasi Android yang serasi dengan semua peranti Android yang beredar.
Chipset CPU seperti halnya ARM mempunyai tingkat kestabilan yang tinggi dalam melaksanakan kerja aplikasi yang sedang di buka.
Kali ini kita akan membahas tentang cara mengatasi force close di android

Sistem Operasi Android Crash/Rusak

Crash sistem Android di sebabkan karena hilang atau rusaknya sistem root, sistem operasi di Android sama halnya dengan sistem operasi yang ada di komputer yang akan mengalami kerusakan karena virus, pemasangan aplikasi atau game yang tidak sesuai atau kompatibel , atau saat menginstal ROM yang tidak sempurna.

Tips Mengatasi Force Close Android

Hal yang sering terjadi adalah karena ketidakcocokan device dengan costum ROM, olehkarena itu pemilihan ROM juga harus benar-benar sesuai dengan device yang di miliki terutama pada saat menginstall costum ROM harus di pilih hati-hati.
Solusinya : Jika permasalahan di atas masih terjadi maka baiknya kamu mengganti sistem Android, dan untuk pengguna Costum ROM haruslah pilih Costum ROM yang benar-benar di percaya dan juga pilih dari developer yang handal.

Baca juga : Tips Agar Memori 16GB Smartphone Anda Cukup Untuk Kebutuhan Harian

Dalam beberapa kasus pengguna yang mendapatkan pesan force close setelah melakukan pembaharuan OS Androidnya. Konflik ini sering berlaku jika sistem baru tersebut menggunakan data-data sementara dari sistem lama. Jika terjadi hal ini, sebaiknya bersihkan dahulu data sementara (cache &user data) dengan melakukan pembersihan pada sistem.

Apabila Terjadi Force Close Pada Gadget Android Kamu, Biasanya Akan Muncul Pop-up Yang Menunjukan :
Pastikan kalau kamu telahmengetahui aplikasi yang telah terjadi konflik. Untuk mengatasi masalah force close ini yang perlu dilakukan pertama adalah lakukan reboot. Lalu coba jalankan aplikasiyang force close.
Cara lainnya adalah uninstall dan install ulang aplikasi yang mengalami forceclose. Kemungkinan aplikasi tersebut terjadi konflik dengan data lama setelah melakukan pembaharuan versi terbaru.
Buanglah data aplikasi atau cache. Cara menghapus Aplikasi Atau Program cache Sebagai Berikut :
•  Masuk ke setting/pengaturan

Tips Mengatasi Force Close Android

•  Klik menu apps/aplication
•  Biasanya ada pilihanAll, Downloaded, On SD Card, Running
•  Pilih saja All

Tips Mengatasi Force Close Android

•  Kemudian pilih aplikasi yang force close
•  Pilih menu Clear Data dan juga menu Clear Cache

Tips Mengatasi Force Close Android

•  Lalu reboot Gadget kamu,
Semoga dengan cara ini sudah dapat mengatasi permasalahan pada aplikasi Android yang mengalami force close sendiri.

Baca juga : 7 Tips Android Yang Wajib Anda Tahu

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Mengatasi Force Close Android

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung, berikan opini Anda tentang artikel yang barusan Anda baca ini.