Tips Mempercepat Kinerja Windows 10

Komputer biasanya memiliki kinerja yang begitu kencang ketika baru dibeli atau setelah dilakukan instalasi baru. Namun, kebanyakan pengguna tidak sadar bahwa sebenarnya semakin hari kinerja sebuah komputer Windows akan semakin melambat. Mayoritas pengguna komputer tidak mampu melakukan perawatan yang baik yang dibutuhkan oleh komputer itu sendiri. Sehingga akibatnya, performa menurun drastis dari saat komputer tersebut dibeli.

Tips Mempercepat Kinerja Windows 10

Sistem operasi Windows terbaru, Windows 10 telah mampu membuat banyak pengguna setia Windows tertarik untuk menggunakannya. Beberapa cara dapat dilakukan agar kinerja sistem operasi ini tetap kencang dan komputer pengguna tetap nyaman saat digunakan.

Baca juga : Cara Melihat Password Wifi Yang Tersimpan di Windows 7, 8, dan 10

Mengurangi startup program
Ketika sebuah program di instal, sebuah shortcut secara otomatis dibuat pada sistem startup. Startup sendiri merupakan fitur yang menjalankan sebuah program tertentu (yang sudah di instal) sesaat setelah Windows dinyalakan. Ketika pertama kali masuk antarmuka desktop Windows, jika banyak sekali program di sistem startup maka untuk beberapa saat komputer akan menjalankan seluruh program tersebut.

Perhatikan Space Komputer
Semakin lama anda menggunakan komputer, akan terjadi penumpukkan data yang tidak digunakan dan cukup banyak memakan space hdd. Anda dapat menghapus file yang tidak digunakan pada recycle bin, caches, cookies pada browser dan penyimpanan sementara lain yang dapat dengan mudah ditemukan menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Defragmentasi Hard Disk
Fitur ini sebenarnya sudah lama hadir di sistem operasi Windows. Fungsinya adalah untuk merapikan files yang disimpan pengguna dalam format yang sama. Data yang disimpan pada komputer terdiri dari bermacam-macam jenis data. File tersebut di simpan didalam hard disk menjadi sebuah blok-blok yang dipisah sesuai formatnya. Penambahan serta penghapusan data menciptakan gap antara blok data sehingga hard disk akan membutuhkan waktu sedikit lebih lama. Maka disitulah fungsi defragment, menghilangkan gap antara blok-blok data.

Grafis Komputer
Semakin maju sebuah sistem operasi, biasanya memiliki efek antarmuka yang menawan. Berbeda dengan dulu, Windows 10 memiliki efek antarmuka yang menarik ketika digunakan dan membuat tidak membosankan. Tapi, hal tersebut sebenarnya memakan banyak sumber daya RAM pada komputer anda. Anda dapat mematikan visual efek pada Windows 10 untuk mendapatkan performa yang lebih cepat. Hal ini tentu tidak begitu bermasalah jika anda memiliki komputer dengan RAM dan VGA yang kencang.

Uninstal program yang tidak digunakan
Jika anda termasuk orang yang sering mencoba-coba sebuah aplikasi yang di download melalui internet, sebaiknya kurangi kebiasaan tersebut. Menambah program yang tidak begitu anda butuhkan pada dasarnya hanya sebuah kegiatan yang membuat komputer anda melambat. Sebaiknya mulai sekarang pilah dengan bijak mana program yang anda butuhkan dan mana program yang berbulan-bulan tidak anda gunakan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips Mempercepat Kinerja Windows 10

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung, berikan opini Anda tentang artikel yang barusan Anda baca ini.