Pilih Mana: Google Drive, Dropbox, atau OneDrive

Saat ini penyimpanan berbasis cloud menjadi sebuah kebutuhan utama baik untuk pengguna biasa maupun para praktisi teknologi. Selain membuat data lebih aman, menyimpan di cloud memudahkan pengaksesan data dimanapun dan kapanpun. Selama terhubung ke internet tentunya. Banyaknya pilihan penyimpanan cloud membuat pengguna bingung untuk menggunakan layanan mana yang cocok bagi mereka, disini kami akan merangkum fitur-fitur di tiga layanan cloud besar saat ini yaitu Google Drive, Dropbox, dan OneDrive.

Pilih Mana: Google Drive, Dropbox, atau OneDrive

Google Drive dirilis pada tahun 2012. Layanan ini gratis untuk digunakan karena satu paket dengan akun Google. Namun jika anda membutuhkan kapasitas lebih besar Google menyediakan layanan berbayar dari 100GB hingga 1TB. Tentu saja jika anda melakukan peningkatan penyimpanan, ada harga yang harus anda bayar. Di Google Drive anda dapat menyimpan berbagai macam file, membagikan file tersebut, dan menggunakan Google Drive sebagai penyimpanan Office yang terintegrasi dengan Google Docs.

Dropbox merupakan layanan yang dirilis pada tahun 2007. Dropbox memberikan layanan penyimpanan gratis, namun tersedia juga layanan Pro yang menawarkan penyimpanan 1TB selama $10 per bulan. Anda dapat menyimpanan berbagai jenis file, berbagi file, dan sinkronisasi dengan berbagai perangkat yang sudah terinstal Dropbox. Dropbox juga tersedia dalam berbagai platform bahkan ada di Linux, Blackberry, dan Kindle Fire.

Baca Juga : Tips Mendapatkan Space Gratis Pada Dropbox

OneDrive yang dikenal sebagai SkyDrive sebelumnya, adalah layanan milik Microsoft yang dirilis tahun 2014. Anda akan mendapatkan gratis penyimpanan 5GB dengan mendaftar Microsoft akun terlebih dahulu. Untuk mendapatkan 50GB anda dapat membayar $2 per bulan. Sama seperti dua layanan sebelumnya, anda dapat menyimpan berbagai jenis file. OneDrive juga terintegrasi dengan Microsoft Office, juga tersedia di berbagai platform.

Kapasitas Penyimpanan dan Harga
Dari ketiga layanan cloud tersebut, memiliki kapasitas penyimpanan yang berbeda-beda pula. Masing-masing layanan menyediakan kapasitas penyimpanan berbeda sehingga membantu anda untuk dapat menyesuaikan dengan kebutuhan anda.

Google Drive: 15GB gartis dengan syarat membuka akun Google terlebih dahulu. 100GB $2, 1TB $10, 10TB $100, 20TB $200, dan 30TB $300.

Dropbox: 2GB gratis saat membuka akun Dropbox, anda juga dapat mendapatkan gratis storage dengan mereferensikan ke teman anda. 1TB $10.

OneDrive: 5GB gratis setiap membuka akun Microsoft. 1TB $10.
Sebelumnya OneDrive memberikan kapasitas 15GB, hanya saja saat ini kapasitas tersebut tidak berlaku dan telah diturunkan menjadi 5GB saja.

Dropbox meskipun berkapasitas 2GB, namun anda bisa mendapatkan gratis 500MB setiap mengajak teman anda menggunakan Dropbox, 125MB untuk menghubungkan ke sosial media, 250MB jika anda menjalankan fitur tour pada layanan Dropbox, dan gratis 3GB jika mengaktifkan upload kamera ke dropbox di smartphone anda. Hanya saja ada batas kapasitas 16GB untuk gratis, selebihnya anda harus membeli paket upgrade.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pilih Mana: Google Drive, Dropbox, atau OneDrive

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung, berikan opini Anda tentang artikel yang barusan Anda baca ini.