5 Aplikasi Pengolah Gambar Gratis Alternatif Photoshop

Adobe Photoshop telah menjadi sebuah aplikasi yang wajib digunakan oleh setiap editor gambar di belahan dunia baik untuk profesional atau hanya sekedar pengguna amatir. Namun jika hanya digunakan untuk sekedar meretouch photo, menggunakan Photoshop terlalu kompleks juga harus ada biaya yang lumayan mahal yang harus dibayar.

5 Aplikasi Pengolah Gambar Gratis Alternatif Photoshop

Namun anda jangan kawatir, ada beberapa aplikasi edit gambar gratis sebagai alternatif dari Photoshop yang fiturnya tidak kalah lengkap. Berikut adalah ulasan kami mengenai beberapa aplikasi pengolah gambar yang dapat anda gunakan. Baik itu untuk meretouch photo, editing, atau hal lain yang berkaitan dengan gambar/photo.

Baca Juga : Cara Menyisipkan Gambar/Foto di Microsoft Word

GIMP
GIMP merupakan sebuah aplikasi yang memiliki kemampuan paling baik dan menjadi kompetitor paling kuat diantara empat 5 aplikasi berikut. Jika anda mencari aplikasi alternatif untuk menggantikan Photoshop, maka GIMP lah pilihannya. GIMP menawarkan tools yang lengkap, antarmukanya sederhana dan mudah di navigasi, terdapat juga filter dan layer yang membuat kaya fitur. GIMP juga menyediakan shortcut keyboard dan menawarkan save dokumen dalam berbagai format, khususnya penggunaan untuk web.

Artweaver
Artweaver sangat mumpuni sebagai sebuah pengolah gambar yang terbatas dalam berbagai sektor, namun cukup menawarkan berbagai fitur yang powerful. Meskipun fitur-fiturnya tidak selengkap GIMP atau Photoshop, Tools yang ditawarkan Artweaver bekerja dengan sangat baik.
Antarmukanya cukup bersih dan mudah digunakan, tools editing terletak di bagian kiri dan opsi detil berada di kanan. Memang fiturnya tidak begitu kompleks, karena diperuntukkan untuk pemula dan mengolah gambar secara sederhana saja.

Paint.net
Paint.net pada dasarnya adalah sebuah pengembangan dari aplikasi Microsoft Paint. Hasilnya, Paint.net berubah secara drastis menjadi sebuah aplikasi pengolah gambar dengan fitur begitu lengkap layaknya aplikasi berbayar. Fitur dasarnya begitu lengkap, meskipun opsi dari setiap tools tidak begitu kompleks layaknya GIMP.
Kompleksitas aplikasi Photoshop kadang membuat anda jenuh menggunakannya, anda bisa menggunakan ini sebagai pengolah gambar yang sederhana.

Pixlr
Terdapat banyak pilihan pengolah gambar berbasis cloud, diantaranya ada PicMonkey, Photoshop Express Editor, dan Sumo Paint. Hanya saja, Pixlr menjadi yang terbaik diantaranya. Alasannya karena selain antarmuka yang mudah digunakan dan fitur yang begitu lengkap, anda dapat mengambil gambar melalui URL sehingga hal tersebut sangat memudahkan pengolahan gambar. Seperti kebanyakan aplikasi berbasis web lainnya, bekerja menggunakan Pixlr kadang terganggu oleh faktor eksternal salah satunya adalah koneksi internet.

Picasa
Picasa pada dasarnya bukan dibuat untuk menjadi kompetitor di bidang pengolah gambar seperti empat aplikasi sebelumnya. Malahan, Picasa hanya diperuntukkan untuk pengguna rumahan yang hanya membutuhkan sebuah gallery foto dan editing dasar.
Picasa lebih menjadi photo manager dibanding photo editor, hanya saja Picasa menjadi alat yang cukup cepat untuk edit pencahayaan dan menambahkan efek.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 5 Aplikasi Pengolah Gambar Gratis Alternatif Photoshop

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung, berikan opini Anda tentang artikel yang barusan Anda baca ini.